a.
Class
Class adalah wadah yang
berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu fungsi objek (benda), yang
mendeskripsikan data (sifat karakteristik) dan fungsi yang dimiliki oleh objek
tersebut. Karena kelas merupakan wadah yang akan digunakan untuk menciptakan
objek, maka jelaslah bahwa kita harus membuat kelas terlebih dahulu sebelum
membuat objek.
Dalam pendefinisian class, umumnya dituliskan sebagai berikut :
<modifier> class <name> {
<attributeDeclaration>*
<constructorDeclaration>*
<methodDeclaration>*
}
b.
Object
Object adalah sekumpulan software yang
terdiri dari variable dan method-method terkait. Object saling berinteraksi
dengan saling memanggil metode dari satu object ke object lainnya, disebut
message. Dengan kata lain, object merupakan instance sebenarnya dari sebuah
class. Instance dibuat sewaktu kita melakukan inisialisasi class dengan
menggunakan kata kunci new.
Pada
dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah
objek.
Sebenarnya ada dua ciri utama pada sebuah objek, yaitu :
· Setap objek memiliki atribut
sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
· Setiap objek memiliki tingkah laku
yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.
Dalam
bahasa pemrograman Java, object dapat ditulis dengan sintaks sebagai berikut:
nama_class nama_instance = new nama_class();
c. Atribut
Dalam
pendeklarasian atribut, dapat dituliskan:
<modifier> <type> <name> [=
<default_value>];
d.
Variabel Scoope
Variabel Scoope (cakupan
variabel) menentukan seberapa luas variabel dapat diakses. Ruang lingkup atau
scoope suatu variabel merupakan penempatan lokasi dimana variabel tersebut
dideklarasikan dan dapat berlaku. Lingkup variabel terbagi dua, yaitu lingkup
Global dan Local.
e.
Overloading Methods
Dalam class yang kita buat, kadangkala
kita menginginkan untuk membuat method dengan nama yang sama namun mempunyai
fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan. Kemampuan ini
dimungkinkan dalam pemrograman Java, dan dikenal sebagai overloading method.
f.
Input/output.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu
dilakukan untuk mendapatkan input :
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.io.*;
2. Tambahkan statemen berikut pada method
main:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader
(new
InputStreamReader(System.in));
3. Deklarasikan variabel String temporary dan
gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.
try {
String temp = dataIn.readLine();
} catch ( IOException e ){
System.out.println(“Terjadi kesalahan saat
anda melakukan input ”)
}
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu
dilakukan untuk mendapatkan input
dari console dengan Scanner:
1. Menambahkan
import java.util.Scanner;
2. Membuat objek dari class Scanner
Scanner input = new Scanner(System.in);
3. Memasukan nilai dari masing-masing
variabel dengan menggunakan object dari Scanner
System.out.print(“Masukkan nama : “);
String nama = input.nextLine();
System.out.println(nama);