twitter


a.       Class
         Class adalah wadah yang berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu fungsi objek (benda), yang mendeskripsikan data (sifat karakteristik) dan fungsi yang dimiliki oleh objek tersebut. Karena kelas merupakan wadah yang akan digunakan untuk menciptakan objek, maka jelaslah bahwa kita harus membuat kelas terlebih dahulu sebelum membuat objek.
Dalam pendefinisian class, umumnya dituliskan sebagai berikut :
<modifier> class <name> {
<attributeDeclaration>*
<constructorDeclaration>*
<methodDeclaration>*
}


b.      Object 
         Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method terkait. Object saling berinteraksi dengan saling memanggil metode dari satu object ke object lainnya, disebut message. Dengan kata lain, object merupakan instance sebenarnya dari sebuah class. Instance dibuat sewaktu kita melakukan inisialisasi class dengan menggunakan kata kunci new.
Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah
objek. Sebenarnya ada dua ciri utama pada sebuah objek, yaitu :
·   Setap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
·    Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.

Dalam bahasa pemrograman Java, object dapat ditulis dengan sintaks sebagai berikut:
nama_class nama_instance = new nama_class();

c.       Atribut
Dalam pendeklarasian atribut, dapat dituliskan:
<modifier> <type> <name> [= <default_value>];

d.      Variabel Scoope
         Variabel Scoope (cakupan variabel) menentukan seberapa luas variabel dapat diakses. Ruang lingkup atau scoope suatu variabel merupakan penempatan lokasi dimana variabel tersebut dideklarasikan dan dapat berlaku. Lingkup variabel terbagi dua, yaitu lingkup Global dan Local.

e.       Overloading Methods
         Dalam class yang kita buat, kadangkala kita menginginkan untuk membuat method dengan nama yang sama namun mempunyai fungsi yang berbeda menurut parameter yang digunakan. Kemampuan ini dimungkinkan dalam pemrograman Java, dan dikenal sebagai overloading method.

f.       Input/output.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input :
1.      Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.io.*;
2.    Tambahkan statemen berikut pada method main:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new
InputStreamReader(System.in));
3.    Deklarasikan variabel String temporary dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input serta ketikkan pada blog try-catch.
try {
String temp = dataIn.readLine();
} catch ( IOException e ){
System.out.println(“Terjadi kesalahan saat anda melakukan input ”)
}

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan input
dari console dengan Scanner:
1.      Menambahkan
      import java.util.Scanner;
2.      Membuat objek dari class Scanner
Scanner input = new Scanner(System.in);
3.    Memasukan nilai dari masing-masing variabel dengan menggunakan object dari Scanner
System.out.print(“Masukkan nama : “);
String nama = input.nextLine();
System.out.println(nama);

0 comments:

Post a Comment